Usaha Cara Budidaya Mujaer Nila Usaha Cara Budidaya Mujaer Nila | Hobi Aneka Usaha

Usaha Cara Budidaya Mujaer Nila

Tips Budidaya Mujaer Nila Sederhana

Kali ini saya mencoba budidaya ikan Mujaer Nila Omm... Budidaya ternak ikan mujair sangat mudah dilakukan karena ikan mujair ini bisa hidup di air yang keruh bahkan untuk air yang tidak mengalirpun ikan mujair bisa bertahan hidup. Dan termasuk ikan yang tahan terhadap penyakit dan mudah bertelur.

Persiapan ternak ikan mujair :
Untuk persiapan maka anda harus membuat kolam dari tembok untuk kolam bertelur dengan ukuran 4 x 6 x 1 m. Untuk mempercepat proses adaptasi ikan maka isilah kolam tadi dengan lumpur dan lumut. Dan masukan indukan ke kolam yang telah kita siapkan. Setelah ikan bertelur dan menjadi anak pindahkan lagi ke kolam khusus benih dengan ukuran 2 x 1 x 0.5 m. Setelah umur 3 mingu maka bisa dipindahkan ke kolam pendederan. Kepadatan benih di kolam pendedran adalah 50 benih tiap meter kubik air.

Pemeliharaan ikan mujair :
Sebenarnya untuk pendederan dapat dilakukan di sembarang kolam, bisa di sawah, empang ataupun kolam tembok. Untuk kepadatan pemeliharaan setiap 1,5 m bisa berisi 20 ekor ikan mujair. Makananikan dapat kita taburkan konsentrat 521 atau 534, atau dapat membuat sendiri dari bahan bekatul + ikan asin gilig + jagung belah. Sebagai makanan tambahan (hijauan) dapat berupa daun kangkung dan bayam yang dicacah.

Masa panen :
Masa panen ikan mujair dilakukan setelah ikan berumur 4-6 bulan. Pemanenan dilakukan dengan pengeringan kolam dan mengambil ikan dengan jaring yang kuat. Karena ikan mujair mempunyai sirip yang agak tajam. 
Share on Google Plus

About Danish Ghailan

Terima Kasih Telah berkunjung di web saya semoga bermanfaat bagi Anda semua, terlebih jika Anda menemukan inspirasi dalam mencari Peluang Usaha
Post a Comment